RPP IPS KELAS IV SEMESTER 1 (Peninggalan Sejarah)

RPP IPS KELAS IV SEMESTER 1 (Peninggalan Sejarah)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

  • Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    Kelas/Semester : IV/I
    Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
    Pertemuan Minggu ke 13 sampai 15 (3 minggu)


    I. Standar Kompetensi :
    Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
    bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
    II. Kompetensi Dasar : 
    Menghargai berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan
    setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya
    III. lndikator :
    ● Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di Iingkungan
    setempat
    ● Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu
    tempat dan berbagai sumber
    ● Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan
    bersejarah di Iingkungan setempat
    ● Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan
    setempat
    ● Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
    ● Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
    ● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat
    bersejarah di Iingkungan setempat

    IV. Materi Pokok
    Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

    V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 13 – 15)
    Pertemuan 1
    1. Kegiatan awal
    Tanya jawab tentang peninggalan sejarah
    2. Kegiatan inti
    – Mencatat peninggalan sejarah yang ada di Iingkungan setempat
    – Mencari dan mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat
    3. Kegiatan akhir
    Membuat rangkuman dan mencatat macam-macam peninggalen sejarah yang ada di Iingkungan
    Pertemuan 2
    1. Kegiatan awal
    Tanya jawab tentang cini-ciri peninggalan sejarah
    2. Kegiatan inti
    – Mengelompokkan jenis dan ciri peninggalan sejarah yang ada di lingkungan setempat
    – Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
    3. Kegiatan akhir
    Pendalaman materi tentang pengelompokkan peninggalan bersejarah dan menceritakannya di depan kelas
    Pertemuan 3
    1. Kegiatan awal
    Tanya jawab mengulang materi pertemuan 1 dan 2
    2. Kegiatan inti
    – Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
    – Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
    – Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan
    setempat
    3. Kegiatan akhir
    – Mengumpulkan gambar tempat-tempat peninggalan bersejarah
    – Mengumpulkan hasil laporan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah


    VI. Alat dan Sumber Bahan
    1. Alat Peraga : Gambar-gambar peninggalan bersejarah (misal; Candi Boro-budur, gereja Katedral, masjid Maimun Medan, dan lain-lain)
    2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 75 – 86
    Buku pendamping yang relevan


    VII. Penilaian
    Tes dan nontes
    Tes
    Dalam tes ini dilakukan secara tertulis bentuk uraian


    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
    1. Siapa yang bertanggung jawab menjaga kelestarian tempat bersejarah?
    2. Tulislah apa saja yang termasuk tempat peninggalan bersejarah? 3 saja!
    3. Bagaimana cara menjadi bangsa yang baik?
    4. Berupa apakah peninggalan sejarah agama Hindu?
    5. Di manakah tempat menyimpan benda-benda bersejarah?

    Nontes
    Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:
    1. Penugasan : Menceritakan tentang tempat bersejarah dan asal-usul nama suatu tempat
    2. Portofolio : Membuat kliping tentang tempat bersejarah/peninggalan berse- jarah

    Catatan:
    Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: