Wisata Rowo Biru dan dogong Di Desa Buluagung

Rowobiru: Tempat wisata ini tergolong baru. Rowobiru terletak di Desa Buluagung, Siliragung, Banyuwangi. Wisata Rowobiru merupakan tempat yang sangat nyaman dan suejuk untuk bersantai sejenak bersama keluarga, kerabat dan sobat. Wisata Rowobiru adalah sebuah danau yang cukup luas yang berada di kawasan perhutani. Akses menuju Wisata Rowobiru dapat dicapai melalui satu jalur yakni melewati jembatan satu-satunya yang baru dibangun diawal tahun 2008 yang dibangun dari dana swakelola masyarakat desa Buluagung.


Wisata Rowobiru berada di bibir pantai selatan sehingga ketika para wisatawan menikmati indahnya danau Rowobiru mereka juga dapat menikmati suara gemuruh ombak pantai laut selatan yang menakjubkan. dan juga dapat menikmati semilir angin pantai laut selatan Rowobiru. Sebelum memasuki kawasan Wisata Rowobiru Buluagung, para wisatawan akan menikmati indahnya hamparan rumput nan hijau yang berada di selatan jembatan masuk kawasan wisata Rowobiru.


Ketika para wisatawan memasuki kawasan hutan milik perhutani, mereka juga dapat menikmati pepohonan yang sangat rindang nan suejuk yang berada di sisi kanan dan kiri jalan. Tidak hanya sampai di wisata Rowobiru,para wisatawan yang ingin berpetualang lebih jauh untuk memacu adrenalin (baca: ben tambah Ndredeg), mereka dapat menuju ke arah timur kurang lebih 2 KM dari wisata Rowobiru dengan jalur setapak yang bisa dilewati dengan kendaraan roda 2 menuju wisata Dogong.
Dogong menawarkan tempat wisata yang tak kalah menariknya, para wisatawan dapat menikmati batu cadas dan bukit batu yang menjulang tinggi setinggi 100 meter lebih yang sisi selatannya merupakan pantai laut selatan sedang disisi timur merupakan wisata Grajagan dan di sisi utara merupakan hutan produksi milik perhutani serta diarah barat merupakan muara sungai Bango.
Bagi para wisatawan yang hobi mancing, Dogong merupakan tempat favorit bagi para pemancing.Penulis pernah bertemu dengan para pemancing yang lagi memancing di Dogong. Mereka berasal dari Sukonatar Srono. Ketika itu penulis melihat kail mereka ditarik tarik oleh ikan dan akhirnya Ikan pari yang begitu besar seukuran 75 cm yang mereka dapatkan.

Bagi masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya, Wisata Rowobiru Buluagung dapat dicapai melalui jalur darat dari arah Banyuwangi kota kl 60 KM; dari perempatan lampu merah Jajag belok kiri ke arah kecamatan Siliragung, dari arah Siliragung (Kantor Polisi Kecamatan Siliragung lurus ke arah selatan menuju desa Buluagung – Purwosari ke kiri menuju Wisata Rowobiru.

SUMBER http://muhamadalisaifudin.blogspot.com/2009/10/wisata-rowobiru-dan-dogong-pesanggaran.html

3 Tanggapan

  1. Assalamu'alikum Wr. Wb.Salam silaturrahmi semoga bapak dan ibu guru sdn 4 siliragung semua sehat dan tetap semangat mengajar anak didik untuk mencerdaskan bangsa. Salam kenal dari Penulis Wisata Rowobiru. Penulis dari Buluagung. Mohon dengan hormat agar penulis tetap bisa berkreasi menulis posting di blogspot. Mohon kalo COPY PASTE menyertakan alamat link dan penulis. Trimakasih dari penulis asli wisata rowobiru. Maturnuwun atas kerjasamanya.

  2. Maaf Mas, Bukanya Saya Tidak posting, Kebetulan Waktu Itu Pemadaman dan Link Web sampean Hilang , Jadi saya nggak bisa nemuin….sekali lagi maaf ya mas.

  3. Maturnuwun atas dimasukkannya Link Penulis Asli, biar penulis tetap berkreasi dengan belajar terus menulis. Semoga Bapak/ Ibu Guru SDN 4 Siliragung tambah maju untuk berkreasi dan mampu membawa anak didiknye menuju gerbang sukses pendidikan. Bravo SDN 4 Siliragung Salam Silaturrahmi dari wong Buluagung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: