Anggaran BOS Ditambah Lagi

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh mengatakan bahwa anggaran pendidikan di tahun 2010 bertambah sebesar Rp 11 Triliun. Angka ini diperoleh dari penyesuaian APBN 2010 terkait pemanfaatan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) tahun 2009.

Hanya saja kata Nuh, anggaran ini dibagi untuk dua pos kementrian yakni Kementrian Pendidikan Nasional dan Kementrian Agama. Nantinya penambahan anggaran ini akan dihitung kembali sesuai dengan kegiatan prioritas dibidang pendidikan di masing-masing kementrian.

‘’Tambahan Rp 11 triliun ini akan dibagi dua dengan kementrian Agama. Sesuai dengan skala prioritas. Kementrian pendidikan nasional sudah membuat beberapa kriteria untuk pemanfaatan tambahan dana pendidikan tersebut,’’ kata Nuh pada wartawan, Senin (8/2).

Adapun kriteria penggunaan tambahan anggaran tersebut adalah untuk alokasi anggaran kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat, contohnya penambahan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan beasiswa. Selain itu kriteria kegiatan yaitu membiayai kegiatan yang saat penyusunan kerja pemerintah belum tercover di APBN 2010.

‘’Indikator lainnya adalah untuk kegiatan yang siap langsung direalisasikan di APBN-P 2010 dan untuk penambahan anggaran penelitian yang memiliki nilai strategis,’’ jelas Nuh.

Sebagaimana diketahui, di APBN 2010 khusus untuk pendidikan sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp 209,53 triliun atau 20 persen dari total belanja negara. Anggaran tersebut yang dikelola pemerintah pusat sebesar Rp 83,17 triliun dan ditransfer ke daerah sebesar Rp 126,35 triliun. Sementara SILPA 2009 tercatat sebesar Rp 38 triliun.(afz/jpnn)

Sumber http://www.jpnn.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: